Cara Membuat Singkong Keju Susu Melepuh dan Crispy

Resep Cara Membuat Singkong Keju Susu Melepuh dan Crispy Bandung - Di rumah singkong keju susu melepuh sangat di minati dengan rasa yang sedikit garing namun sangat renyah seakan lumer di mulut, sangat enak untuk cemilan, ditambah toping susu, keju dan bisa juga cokelat membuat panganan sederhana dan tradisional ini menjadi sedikit naik kelas, apalagi soal rasanya wajib sobat coba.

Singkong Keju Susu Melepuh dan Crispy ala Bandung

Singkong goreng keju melepuh kini juga banyak yang menjual, mulai dari tukang gorengan pikulan yang keliling maupun gorengan dengan grobak abang-abang yang biasanya punya tempat mangkal tetap, ketika sedang ke bandung ternyata di sana ada beberapa yang menjualnya dengan toping keju dan ternyata cukup enak juga perpaduan singkong keju susu dan bisa juga dengan coklat, jika biasanya memakan potongan singkong cepat bosan dengan tambahan toping jadi lebih lahap untuk menghabiskan singkong keju melepuh.

Cara membuatnya ternyata tidak terlalu susah juga, dengan mudah dan cepat bisa kita buat di rumah sendiri, kunci rahasia dari singkong keju melepuh terletak pada proses pengorengan agar hasil gorengan singkongnya dapat mekar atau merekah, sehingga rasanya sangat gurih seakan lumer di dalam mulut walau tanpa toping sekali pun sudah cukup enak. Singkong keju melepuhnya bisa di buat sedikit garing atau crispy, namun jika tidak suka dapat menggorengnya sebentar saja.
Cara Membuat Singkong Keju Susu Melepuh dan Crispy
Cara Membuat Singkong Keju Susu Melepuh dan Crispy

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat singkong keju melepuh, hasilnya juga tidak jauh berbeda, namun cara yang saya lakukan cukup praktis karena hanya sekali kerja saja sudah mendapatkan singkong keju melepuh yang renyah, cara yang pertama dengan merebus singkong, mengkukus dan cara yang saya pakai cukup dengan menggoreng singkong saja dari singkong mentah dan hasilnya tetap akan merekah dan empuk, berikut ini bahan-bahan dan cara membuat singkong keju melepuh yang pratis dan cepat.

Bahan-bahan Singkong Keju Susu Melepuh dan Crispy

  • 1kg Singkong, cari yang singkong keju atau mentega yang besar agar hasilnya lebih baik, biasanya singkong dengan bentuk yang besar ketika di goreng hasilnya akan sangat lembut seperti mentega.

Bumbu air rendaman singkong melepuh

  • Bawang putih, dihaluskan
  • Garam, sedikit saja
  • Gula
  • Kunyit, jika suka
  • Ketumbar, saya suka sekali dengan aroma ketumbar jadi lebih banyak saya gunakan, nanti hasilnya singkong akan lebih harum wanginya
  • semua bahan dihaluskan dan di masukkan ke dalam baskom atau wadah dan beri air secukupnya, yang terpenting ketika merendam singkong goreng, terendam semuanya

Cara Membuat Singkong Keju Susu Melepuh dan Crispy Sendiri

  • Singkong di kupas dan dibersihkan, lalu dipotong-potong beberapa bagian, tidak perlu di belah 2 potongan singkongnya.
  • Panaskan wajan dan minyak goreng.
  • Masak atau goreng singkong hingga setengah matang, biasanya sudah berubah warna dari putih menjadi kekuning-kuningan.
  • Jika sudah setengah matang, masukan singkong goreng (tanpa harus ditiriskan atau didinginkan) kedalam wadah air rendaman yang sudah berbumbu (air harus banyak agar singkong terendam).
  • Sambil menunggu dapat mengoreng singkong sisanya.
  • Singkong goreng akan merekah di dalam air rendaman dengan sendirinya, lalu sisihkan dan tiriskan singkong dari air.
  • Singkong goreng hasil rendaman sudah siap di goreng kembali sesuai selera, bisa sebentar saja jika ingin merasakan singkong yang sangat lembut atau di buat lebih crispy dan berwarna agak kecoklatan.
  • Lakukan proses memasak yang sama untuk singkong selanjutnya.
  • Singkong yang sudah direndam dan di goreng siap untuk disajikan.
Penyajian Singkong melepuh biasanya dengan toping susu, keju, dan cokelat atau di sesuaikan dengan selera sobat, yang pasti rasa singkongnya akan semakin special nantinya, walau terlihat banyak tahap tapi sebenarnya tidak, jika sudah beberapa kali akan terlihat simple, selamat mencoba di rumah membuat Singkong Keju Susu Melepuh dan Crispy ala Bandung Special yang mudah dan praktis.