πŸ” Ayam Pek Cam Kee Nasi Hainan Gurih Asli

Resep Memasak Ayam Rebus Pek Cam Kee dan Nasi Hainan Gurih Asli resep yang kali ini akan saya bagikan buat sobat pecinta kuliner, untuk memasak Nasi Hainan dan resep ayam Pek Cam Kee kali ini memakai bahan utama ayam kampung, tapi jangan yang tua agar dagingnya tidak terlalu alot, ayam kampung dagingnya sangat gurih dan lebih nikmat dibandingkan dengan ayam potong biasa yang rasanya sedikit hambar, ayam kampung dagingnya memiliki tekstur yang agak kenyal, dibuat masakan Pek Cam Kee semakin nikmat.

πŸ” Cara Membuat Ayam Rebus Pek Cam Kee dengan Nasi Hainan atau Hainam Asli Enak

Pemilihan bahan ayam kampung untuk membuat Pek Cam Kee pilih yang paling gemuk potong beberapa bagian namun ada juga yang tidak dipotong masih berbentuk ayam utuh, pilih yang masih segar agar tidak berbau amis, Pek Cam Kee yang direbus airnya tidak terbuang karena langsung kita olah lagi menjadi nasi Hainan yang gurih, cara membuatnya sederhana saja, Nasi Hainan sangat cocok dimakan dengan Ayam Rebus Pek Cam Kee membuat suasana makan semakin special.

Untuk bahan taburannya kita memakai bawang putih yang digoreng dan bisa ditambahkan daun ketumbar atau daun huansai, untuk membuat nasi Hainan cukup mudah karena memakai bumbu nasi hainam instant merk Thai Sing.
Cara membuat Ayam Pek Cam Kee Nasi Hainan Gurih Asli Nikmat Sederhana
Cara membuat Ayam Pek Cam Kee Nasi Hainan Gurih Asli Nikmat Sederhana

Masakan Ayam Pek Cam Kee dan Nasi Hainan cukup terkenal di Singapore, Malaysia, Thailand dan Hainan Chinese, masakan asli Pek Cam Kee dan Nasi Hainam memakai atam yang bertubuh gempal atau gemuk agar sari kaldu atau minyak dari ayamnya semakin banyak, hal ini agar masakan dan nasi hainannya nanti semakin gurih dan nikmat.

Masakan nasi ayam hainan biasanya disajikan dengan menambahkan saus tiram sebagai bumbu pelengkap sedangkan di singapura lebih dipilih memakai kecap kental dan cabe agar sedikit pedas, memiliki kesamaan cara menghidangkan yang ditambakan irisan ketimun, karena pada umumnya orang cina lebih menyukai masakan yang lengkap.

Resep Nasi Ayam Hainan Pek Cam Kee Gurih Asli

Ada beberapa varian dari masakan nasi ayam hainan seperti ayam yang dicelupkan kedalam es setelah direbus untuk mendapatkan warna kulit selicin agar-agar, dikenal dengan nama BΓ‘ijΔ« (η™½ιΈ‘) atau "ayam putih", atau yang lebih tradisional dikenal dengan nama LΗ”jΔ« (|區鸑, "ayam inti"), ada juga dikenal dengan nama ShāojΔ« (烧鸑) atau disebut ayam panggang. Berikut ini bahan utama dan cara membuat Nasi Ayam Hainan Pek Cam Kee sederhana ala saya.

Bahan Utama Membuat Pek Cam Kee dan Nasi Hainam

  • 1 ekor, ayam kampung dipotong beberapa bagian pilih yang gemuk agar menghasilkan kaldu yang lebih kental dan banyak, keadaan ayam kalau bisa yang masih segar supaya tidak berbau amis
  • 1 jari, jahe dikepruk atau bisa juga memakai jahe bubuk
  • 4 siung, bawang putih
  • 1 batang, daun bawang
  • Garam, secukupnya
  • Minyak wijen, secukupnya
  • Air
  • Daun ketumbar jika ada untuk taburan
  • Bawang putih yang digoreng sebagai taburan
Bahan nasi hainan:
  • Kuah dari air ayam rebus
  • bumbu nasi hainam siap pakai merek Thai Sing atau apapun yang sobat punya

Langkah Memasak Ayam Rebus Pek Cam Kee Nasi Hainan

  • Bersihkan ayam, siapkan panci dan air, masukkan ayam ke dalam panci, tambahkan juga bawang putih, jahe, daun bawang serta beri garam, masak hingga mendidih. Masak ayam sampai matang serta daging empuk.
  • Pisahkan ayam dengan air rebusan, daging ayam dan dilumuri memakai minyak wijen. Lalu sisihkan dan simpan bersama 1 mangkuk kecil kuah ayam rebus untuk nanti dihidangkan bersama ayam dan nasi hainan. Selanjutnya kita membuat nasi hainannya.
Cara memasak membuat nasi hainam:
  • Sama saja seperti memasak nasi sehari-hari.
  • Cuci beras hingga bersih masukkan kedalam rice cooker pakai air rebusan yang tadi untuk memasak nasi, masukkan bumbu instant nasi hainan, jika tidak memiliki bumbu nasi hainan saya biasanya mengganti dengan bumbu kari.
  • Masak hingga matang
Sekian resep membuat Ayam Pek Cam Kee Nasi Hainan Gurih Asli yang simple mudah dan sederhana dengan rasa gurih yang enak dan special, ketika dihidangkan taburi dengan bawang putih goreng agar rasa dan aromanya semakin sedap, selamat mencoba.