🍰 Carang Gesing Pisang Raja Tanpa Telur

Resep Memasak Carang Gesing Pisang Raja Tanpa Telur memiliki citarasa manis, legit dan enak. Cara gesing termasuk kue basah yang cukup populer, sejak kecil saya suka sekali dengan kue ini, karena rasanya memiliki ciri khas tersendiri, Carang Gesing dikenal sebagai makanan cemilan tradisional dari kota Solo, Jawa Tengah dengan bahan utama pembuatnya dari pisang dan dimasak dengan dikuku.

🍰 Cara Membuat Carang Gesing Pisang Raja Tanpa Telur yang Enak

Resep membuat Carang Gesing saya dapat dari NCC dengan bahan utama memakai pisang kepok dan ada juga yang memakai roti tawar sebagai bahan pelengkapnya, tapi pada resep yang akan saya bagikan kali ini tidak memakai telur, dan roti tawar, untuk santannya saya memakai santan instant yang mudah didapat.

Carang Gesing sangat mudah dijumpai pada bulan ramadhan, di hari biasa saya suka liat dijajakan di pasar-pasar tradisional bagian kue basah dengan harga Rp2.000 per buah, namun rasanya kurang kalau menurut saya, karena hanya memakai pisang dan kanji serta rasa yang terlalu manis.
Cara Membuat Kue Basah Carang Gesing Pisang Raja Tanpa Telur
Cara Membuat Kue Basah Carang Gesing Pisang Raja Tanpa Telur

Terkadang saya juga membuat Carang Gesing memakai pisang uli tergantung stok pisang yang ada, sebenarnya bisa pakai pisang apa saja bebas, asal ada rasa manisnya dan pisang tidak mudah hancur, tapi jangan pisang buah ya :D kayanya itu pisang memang tidak cocok kalau dimasak, soalnya saya pernah coba kok malah nggak manis dan rasanya malah aneh hehehe.

Sebenarnya saya agak penasaran untuk membuat Carang Gesing rasa srikaya, seperti yang banyak dijual di facebook karena rasanya sangat enak namun harganya juga enak :P bisa Rp5000 1 potong aja, namun karena belum pede saya share cara membuat Carang gesing dengan pisang raja dulu ya, berikut ini bahan utama dan cara membuatnya ala saya.

Bahan Utama Bikin Carang Gesing Pisang Raja Tanpa Telur Sederhana

  • 1 sisir, pisang raja pilih yang tua
  • air matang, secukupnya untuk santan
  • 300 gram, kelapa diparut atau santan instant 3 sachet
  • 250 gram, gula pasir, jika tidak suka manis bisa dikurangi cukup 2 sendok saja, karena semua bahannya sudah berasa manis kok
  • 200 gram, nangka bisa ditambah jika ingin banyak, atau di skip jika tidak tersedia
  • 4 lembar, daun pandan
  • 1 buah, kelapa muda, diambil dagingnya, bisa di skip jika tidak tersedia

Langkah Memasak Resep Kue Carang Gesing Pisang Raja

  • Pisang raja di potong-potong, buah nangka juga diiris ukuran kecil, dan kelapa muda diserut dagingnya, simpan diwadah dan sisihkan.
  • Kelapa diparut yang diperas menjadi santan kental. Jika memakai santan instant cukup beri air dan gula dan diaduk.
  • Siapkan daun pisang dan bersihkan lalu beri olesan minyak sedikit saja.
  • Tiap bungkusnya diisi dengan pisang 4 potong, potongan nangka, serutan kelapa muda, lalu beri daun pandan, masukkan santan 50 ml atau secukupnya perbungkus.
  • Jika sudah tinggal dibungkus dan beri tusukan lidi sebagai penutupnya.
  • Adonan Carang Gesingsiap dikukus. Kukus selama 30 menit hingga daun pisang berubah warna.
  • Carang gesing siap dinikmati.
Resep Cara Membuat Kue Carang Gesing Pisang Raja Tanpa Telur sudah selesai, cukup mudah bukan. Kue Carang Gesing juga bisa ditambahkan tepung kanji atau tapioka pada santan agar hasilnya lebih melekat, bisa juga ditambahkan vanili bubuk, Carang Gesing sangat nikmat jika dimakan sudah dalam keadaan dingin, dan biasanya saya masukkan ke dalam lemari es terlebih dahulu sebelum dimakan, selamat mencoba!