Kuliner Tempat Makan Paling Enak dan Favorit di Depok Margonda

Cafe Kuliner Murah di Kota Depok Margonda – Kota Depok Jawa Barat merupakan salah satu kota yang perkembangannya sangat cepat, tak terkecuali dengan wisata kulinernya, hal yang paling menjadi faktor utama tentunya karena letak yang strategis, suasana yang sejuk dibandingkan dengan wilayah Tangerang dan Bekasi serta adanya 2 universitas besar di kota ini. Wisata kuliner di Depok pada awalnya berkembang lebih didominasi dengan harga murah, berada di sekitar kampus Gunadarma dan Universitas Indonesia (UI) walau menawarkan harga murah khas mahasiswa namun makanan-makanannya tetap enak dan unik bagi mereka pencinta wisata kuliner, tentunya berwisata kuliner di kota Depok khususnya di sekitar jalan Margonda raya tidak akan habis dalam 1 hari menelusurinya, selain soal citarasa sajian makanan dan minuman yang ada di Depok, kini semakin beragam, pilihan menu kuliner yang ada di Depok kini juga semakin banyak.

Daftar Tempat Makanan Wisata Kuliner Murah di Depok Jalan Margonda Raya Paling Enak

Dengan semakin banyaknya pilihan akan menu makanan yang ada di Depok, tentu berwisata kuliner akan membuat kita sedikit bingung untuk memulai dari mana karena terdapat banyak pilihan makanan yang ditawarkan, bukan hanya itu saja hampir setiap tahun biasanya akan ada menu beru yang ditawarkan ada saja resto atau cafe baru yang didirikan untuk memanjakan lidah para pecinta kuliner di Depok, apalagi sekarang kota Depok semakin ramai serta padat dan Jalan Margonda sudah penuh dengan tempat pilihan berbisnis yang berkembang cepat, bagi kalian yang penasaran kira-kira seperti apa sajian yang ditawarkan berwisata kuliner di Depok Jalan Margonda Raya yang cukup melegenda ini?

Oleh sebab itu pada artikekl kali ini, saya akan mengajak sobat untuk lebih mengenal tentang tempat wisata kuliner depok paling enak, murah dan menjadi cafe resto favorit pengunjung bisa dibilang tempat makan yang legendaris di Depok. Berikut ini ulasan singkat dari masing-masing tempat yang bisa menjadi tempat nongkrong kalian ketika berwisata kuliner di Jalan Margonda Raya Depok, semoga dapat menjadi inspirasi sobat ketika ingin berkunjung ke kota Depok.

1. Es Pocong

Wisata kuliner depok yang pertama cukup unik, memiliki nama yang sedikit menyeramkan dan tidak biasa, pasalnya tempat wisata kuliner di kota depok ini memiliki nama Es Pocong, namun jangan salah sangka dulu walau namanya sedikit bikin merinding tempanya ternyata cukup asik untuk nongkrong bersantai sejenak sambil melepaskan penat, terletak di Jalan Margonda Raya No.519, Beji, Kota Depok, Jawa Barat dengan lokasi yang cukup strategis dan mudah dijangkau.

es pocong
es pocong
Tenang saja disini kalian tidak akan menemui para pelayan yang memakai kostum pocong, penamaan es pocong hanya lah satu strategi untuk menarik perhatian dan ternyata cukup berhasil mengangkat kuliner ini sejajar dengan tempat minum es yang lebih dahulu ada dan favorit di Depok.

Ternyata bukan hanya nama tempat saja yang menyeramkan, menu-menu lain yang ditawarkan juga mengusung nama yang sedikit seram, nama makanan yang terdapat dalam menu di Es Pocong cukup beragam diantaranya kolor ijo, jenglot, voodoo, mendoan iblis dan yang lainnya, untuk masalah harga tidak terlalu mahal dimulai dari Rp.5.000,-.

2. Pondok Laras

Tempat wisata kuliner depok yang berikutnya merupakan salah satu tempat istimewa, karena ini termasuk kuliner khas daerah Jawa Barat, dengan citarasa khas kuliner bergaya sunda ini telah menjadi salah satu tempat favorit mereka yang berwisata kuliner di Depok untuk tempat makan. Pondok Laras terletak di Jalan Akses UI No.2, Cimanggis, Tugu, Depok, Jawa Barat buka dari jam 11 AM - 09.00 PM, memiliki masakan unggulan yang terbuat dari ikan gurame, beragam jenis kuliner dengan bahan dasar dari gurame ditawarkan di restoran ini.
Pondok Laras Depok
Pondok Laras Depok

Suasana unik pun diciptakan resto ini dengan menyantap di suasana saung yang unik beralaskan tikar, diatas meja kayu memberikan kenikmatan tersendiri, memang lebih asik jika ramai-ramai berkunjung ke tempat ini, untuk harga menu yang ditawarkan pun cukup terjangkau dimulai dari harga Rp.18.000, olahan ikan gurame di pondok laras terkenal dengan kelezatannya, dengan beberapa pilihan masakan yang ditawarkan seperti di bakar, penyet atau di goreng dengan tingkat kepedasan yang bisa disesuaikan, di tambah lagi dengan gigitan sambal khas dari rumah makan Pondok Laras.

Untuk menu paket cukup beragam yang ditawarkan, saya sendiri lebih menyukai sayur asem dan ikan gurame bakar pedasnya, selain gurame tersedia juga menu ayam, lele, udang dan empal yang wajib sobat kuliner coba.

3. Soerabi Enhaii

Kuliner kali ini termasuk kedalam cemilan ringan yang tentunya sobat sudah tau dengan bentuk panganan ini, soerabi enhaii memang terkenal di kota Bandung karena kelezatannya, namun kini makan kue serabi yang enak tidak perlu jauh-jauh ke bandung, karena di Depok Soerabi Enhaii juga ada, kue serabi yang dijual memiliki citarasa yang khas, untuk lebih menggaet anak muda dan mengikuti perkembangan zaman, kue surabi kini tidak hanya dalam bentuk original yang ditawarkan, dengan beragam variasi coba ditawarkan Soerabi Enhaii cabang kota Depok.
Soerabi Enhaii
Soerabi Enhaii

Salah satu tempat wisata kuliner favorit juga di wilayah Depok, menjadi salah satu tempat nongkrong anak muda, Soerabi Enhaii terletak di Jalan Margonda Raya nomor 427 buka dari jam 7 AM- 2 AM. Banyak sebenarnya tempat yang menawarkan kue surabi sebagai hidangan utam, tapi yang membuat Soerabi Enhaii berbeda karena memakai cara pembuatan yang masih tradisional yang membuat rasa kue surabinya semakin enak, anek rasa yang ditawarkan antara lain surabi cokelat, surabi pisang, surabi manis kinca, surabi es krim, dan rasa original, dengan kisaran harga yang terjangkau mulai dari Rp8.000,- kita sudah dapat mencicipi surabi enak dan nikmat khas Soerabi Enhaii.

4. Takarajima

Tempat wisata kuliner selanjutnya tentu sobat sudah dapat menerka dari namanya, yups tempat makan bergaya Jepang, bagi sobat pencinta masakan Jepang wajib mencoba menu-menu khas Takarajima, terletak di Kota Depok tepatnya pada Jalan Margonda Raya, Beji, Kota Depok, Jawa Barat. Japanese resto ini cukup murah walau sajian menu makan yang ada tidak kalah dengan menu resto mewah, karena soal harga sepertinya sudah diperhitungkan agar dapat terjangkau semua lapisan masyarakat, so sobat tidak perlu takut harus merogoh kocek dalam-dalam jika makan di tempat ini.
Takarajima Sushi Volcano
Takarajima Sushi Volcano

Sushi Volcano merupakan menu andalan dan menjadi keistimewaan dari tempat ini, salah satu menu yang menjadi favorit penggunjung ini memang bentuknya mirip dengan gunung yang menjulang tinggi, dengan mayonise dan toping yang tidak pelit, untuk harga menu di mulai dari Rp15.000. Selain itu ada beberapa menu special dari Takarajima diantaranya nigiri tuna, kani salmon mentai, salmon kremes mentai dan menu lain yang pastinya bikin lidah kamu bergoyang.

5. Mang Engking

Wisata kuliner ke wilayah depok berikutnya adalah sebuah rumah makan yang cukup terkenal bisa dibilang ini satu-satunya restoran didalam area kampus UI, letaknya seperti di dalam hutan pinus dan kebun karet dengan pemandangan danau UI, jika sobat melewati UI maka akan melihat tulisan Universitas Indonesia, nah danau yang sama menjadi salah satu daya tarik gubuk makan Mang Engking.
gubuk makan Mang Engking depok
gubuk makan Mang Engking depok

Jika sobat datang kesana, hawa sejuk dan bersih akan segera menghampiri layaknya berada di pedesaan, beralamat di Kampus UI, Jalan Danau Salam, University of Indonesia, Depok, Jawa Barat. Menu yang ditawarkan cukup beragam yakni udang goreng mentega, udang bakar, udang saos tiram, udang asam manis, kepiting, ikan gurame dan udang rebus dengan harga mulai dari Rp50.000 kita sudah dapat menyantak hidangan di gubuk makan Mang Engking buka pada jam 10 pagi hingga 9 malam, jika sobat berkunjung ke Depok tidak ada salahnya untuk mampir ke tempat ini.

6. Ayam Bakar Christina

Berwisata kuliner memang mengasikan begitu juga di Kota Depok, berikut ini juga salah satu tempat makan favorit dikenal dengan nama Ayam Bakar Christina, berlokasi di Jalan Margonda Raya No.420, Jawa Barat, terletak di jalan strategis dan mudah diakses membuat rumah makan ayam bakar Christina selalu ramai.

Sesuai dengan namanya tempat kuliner depok ini menawarkan varian ayam sebagai menu utamanya, ayam bakar Christina ini cukup khas memiliki daging yang empuk dan bumbu yang meresap sempurna di tiap dagingnya, selain menawarkan menu yang lezat ayam Bakar Christina juga kenyaman dan kebersihan, dan yang tidak kalah pentingnya menu yang ditawarkan berharga mulai dari Rp10.000.

7. Sop Durian Margonda

Setelah beberapa tempat wisata kuliner depok yang menyediakan makanan berat, pada kali ini akan membahas yang ringan dan segar yakni Sop Durian Margonda, terletak di Jalan Margonda Raya Blok I No.20, Kota Depok, Jawa Barat. Tempat ini juga cukup terkenal sebagai penyedia kuliner enak dengan harga yang murah sekitar Rp10.000 kita sudah bisa merasakan sop durian khas Margonda.

Tempat kuliner Sop Durian Margonda sangat pas untuk kalian pecinta buah durian si raja buah, dengan rasa yang lezat dan daging durian yang menggoda memang sangat menggoda untuk dicicipi.

8. Pecel Lele Lela

Tempat berwisata kuliner di kota depok selanjutnya yang pastinya enak yakni di pecel lele Lela, tentunya sobat tidak asing dengan nama ini, karena menurut saya cukup banyak dan mudah menemui rumah makan Pecel Lele Lela ini dimana pun, namun tidak ada salahnya jika kalian adalah pecinta ikan lele untuk berkunjung ke Pecel Lele Lela cabang Depok yang beralamat di Jalan Margonda Raya No. 379.
pecel lele lela
pecel lele lela

Dengan menu-menu kreasi masakan ikan lele yang berbeda seperti pecel lele lainnya, sepertinya restoran ini cukup sukses merubah image pecel lele identik dengan warung tenda pinggir jalan, cukup banyak juga menu kuliner yang ditawarkan seperti lele saus padang, dengan harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 15.000 sobat sudah dapat menikmati hidangan iken lele yang sensasional ini.

9. Daebak Fan Cafe

Tempat wisata kuliner di kota depok selanjutnya adalah Daebak Fan Cafe terletak di Jalan Jalan Margonda Raya 239, Depok, sesuai namanya resto ini menawarkan hidangan khas Korea, Daebak Fan Cafe cukup favorit dikalangan pecinta kuliner masakan Korea, dengan bermacam menu varian membuat kuliner Depok semakin beragam.

Dengan harga menu cukup murah mulai dari Rp10.000 sobat sudah bisa menikmati hidangan di Daebak Fan Cafe dan beberapa fasilitas lain seperti menonton film Korea dan wifi gratis, karena itu tempat ini juga menjadi tempat tongkrongan yang cukup asik.

10. Gabus Pucung Leuwinanggung

Tempat wisata kuliner selanjutnya di depok yang bisa sobat kunjungi yakni Gabus Pucung Leuwinanggung, sebuah tempat makan yang cukup populer dikalangan pecinta masakan Betawi, dimana masakan gabus pucung kini sudah sangat langka bisa kita temui,bertempat di Jalan Leuwinanggung, Tapos, Depok.
gabus pucung
gabus pucung

Dihari libur biasanya tempat ini sering penuh dengan pengunjung, karena Gabus Pucung yang menjadi menu andalan dari tempat makan di depok Gabus Pucung Leuwinanggung ini memang terkenal akan keenakannya dan kelezatan yang ditawarkan, jika sobat pecinta masakan ikan wajib untuk mencoba kuliner dari Depok ini.

11. Ketupat Sayur Pariaman

Tempat makan di depok selanjutnya tentu sobat sudah dapat menebak dari nama diatas, ketupat sayur menjadi menu andalan yang disajikan Ketupat Sayur Pariaman, jika sobat kuliner sedang jalan-jalan ke Depok tapi ingin makan yang tidak terlalu berat, ketupat sayur bisa menjadi salah satu pilihan yang baik, di Depok Ketupat Sayur Pariaman cukup terkenal dibuka dari pagi hingga siang saja, jadi jangan sampai salah waktu ya, bisa-bisa tidak bisa mencicipi hidangan ini.

Walau hanya buka beberapa jam saja kuliner ini sudah habis terjual, karena sudah terkenal jadi jarang sekali sepi pembeli apa lagi di hari libur, semakin banyak pengunjungnya, salah satu kelebihan dari kuliner ini terletak pada racikan rempah-rempah pada kuah sayur yang dipakai, kuah yang kaya bumbu dan jarang di temui pada penjual ketupat sayur yang lain, membuat Ketupat Sayur Pariaman selalu diminati, jika sobat ingin mencicipinya dapat datang ke Jalan Keadilan Raya, Depok Timur di depan Optik Hero.

12. Es Teler 88

Disaat cuaca sedang panas menyengat Es Teler 88 siap menyejukan dahaga sobat, kuliner yang berada di Jalan Nusantara no.88 ini cukup populer, sebagai tempat favorit di siang hari. Jika sobat sedang berkunjung ke wilayah Depok jangan segan untuk mencicipi kuliner unik ini, salah satu menu andalan dari Es Teler 88 adalah menu Es Sarang Burung 88.
es teler 88
es teler 88

Berlokasi di depan SMAN 1 Depok, tentunya akan mudah ditemukan, karena lokasinya cukup strategis dan mudah di akses, dan selalu menjadi tempat rekomendasi untuk menikmati es campur yang enak dengan harga terjangkau.

13. Delysh Coffee Shop

Jika sobat sedang berada di pusat perbelanjaan D'Mall Margonda bisa mengunjungi Delysh Coffe Shop terletak di dekat pos parkir keluar membuat tempat ini mudah untuk ditemui, tempat ini menjadi salah satu tempat yang wajib sobat kunjungi ketika sedang berwisata kuliner di Kota Depok, Bertempat di sebuah ruko yang tertata apik membuat daya tarik tersendiri disaat berkunjung, dengan alamat lengkap di Ruko Depok Mall, Jl. Margonda Raya No.88, Kemiri Muka, Beji, Kota Depok, Jawa Barat.

Delysh Coffee Shop biasa menjadi salah satu tempat nongkrong dan makan, dengan beberapa menu favorit seperti delcolamocca, java on the rock, jamaican delysh latte, blueberry crunch coffe, tersedia juga kopi klasik atau kopi tubruk, kopi luwak, vietnam dan kopi jahe, bagi sobat pecinta kopi tempat ini wajib dikunjungi karena hanya ada di Depok saja untuk saat ini.

14. Soto Bu Tjondro

Tempat wisata kuliner selanjutnya di Kota Depok yang wajib kalian coba yakni Soto Bu Tjondro, special buat kalian yang menjadi penggemar kuliner berkuah khususnya soto, Soto Bu Tjondro cukup terkenal di Depok, walau memiliki beberapa cabang di kota berbeda namun tidak ada salahnya jika sobat juga mencicipi kekhasan kuliner soto Bu Tjondro di wilayah Depok, buka dari jam 10 Am-10Pm terletak di jalan Siliwangi, No.1, Pancoran MAS, Kota Depok, Jawa Barat.
soto bu tjondro
soto bu tjondro

Selain soto tersedia juga beragam kuliner yang tidak kalah sedap dari Soto Bu Tjondro ini, diantaranya karedok, ikan gurame, gudeg ditambah dengan sambal terasi yang sangat nikmat dimakan dengan nasi hangat, dengan harga menu dimulai dari Rp20.000 soto Bu Tjondro kita sudah dapat menikmati sajian yang menggugah selera, selain itu juga tersedia beragam es dan kopi yang akan memanjakan lidah sobat.

15. Nasi Timbel Si Teteh

Wisata kuliner selanjutnya adalah nasi timbel, mungkin bagi sebagian orang agak asing mendengar istilah ini, namun di Depok Nasi Timbel Si Teteh cukup dikenal pecinta kuliner dan rasanya memeng sangat enak dan lezat, Nasi Timbel Si Teteh merupakan rumah makan khas sunda terletak di jalan Tole Iskandar, Depok persis di samping BCA cabang Tole Iskandar, kedai ini memang mengkhususkan menjual nasi timbel.
Nasi Timbel Si Teteh
Nasi Timbel Si Teteh

Sebungkus nasi timbel dihargai Rp18.000 dengan beragam lauk pauk ayam goreng, tempe, tahu, ikan asin dan sambal terasi yang ajib, bikin makan nasi timbel si teteh semakin nikmat dengan porsi yang pas tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit nasi timbel si teteh wajib sobat cicip, tersedia juga empal daging jika lauknya masih kurang dengan harga Rp.15.000 dan sayur asem yang segar.

16. Pancong PLN

Kali ini wisata kuliner dengan panganan yang ringan, kue pancong tentunya sobat sudah mengenal bentuknya dan rasanya, di Depok ada kue pancong yang cukup terkenal disebut dengan Pancong PLN, namanya diambil karena memang tempat berjualan tidak jauh dari gardu PLN Depok 1 di gardu utama, di Jalan Arif Rahman Hakim.

Namun tidak seperti penjual pancong yang dipikul dengan gerobak kecil, kue pancong pln lebih nampak seperti kedai kopi dengan suasana yang santai dan pengunjung yang tidak pernah sepi, karena kepopulerannya. Walau hanya memiliki tempat yang sederhana denger-denger omset pemiliknya lumayan juga, selain menjual pancong kuliner handalannya yang lain adalah susu kacang ijo atau dikenal dengan nama sucang, sucang dan pancong sudah menjadi legendaris di wilayah ini dan sobat harus mencobanya jika berkunjung ke Depok.

17. Bakso Hitam Pak Bewok

Bakso hitam dari namanya sebenarnya agak angker yaa, karena biasanya kuah bakso berwarna bening, namun sobat kuliner yang sedang di Depok wajib mencicipi bakso ini, Bakso Hitam Pak Bewok memang menjual kuah bakso yang berwarna hitam namun rasanya sangat lezat, sedangkan baksonya berbentuk seperti biasa, menu bakso yang unik dan tidak akan sobat temui ditempat lain dan hanya ada di Depok, kuah hitam pak bewok telah menjadi ciri khas tersendiri.
Bakso hitam pak bewok depok

Untuk letaknya tepat berada di belakang poltek UI dekat dengan flyover Depok di Jalan Mohammad Ridwan Rais, Beji, porsi yang ditawarkan pasti akan membuat sobat kenyang yaa memang cukup banyak, ditambah lagi dengan campuran tulang ayam, membuat rasa bakso ini semakin nikmat, dengan rasa bakso plus rawon.

18. Martabak Bangka Ko Hery

Jika sobat sedang ke Depok jangan lupa untuk singgah ke Martabak Bangka Ko Hery yang sudah terkenal karena kelezatannya, terletak di Jalan Arief Rahmat Hakim, karena sudah terkenal wajar jika martabak ini selalu ramai dengan pengunjung, terkenal dengan martabak keju dan kacangnya. Untuk mencari martabak ini juga tidak terlalu susah karena selalu ramai pengunjungnya.
martabak bangka ko hery depok
martabak bangka ko hery depok

Salah satu kuliner martabak yang cukup legendaris, memiliki rasa yang istimewa, sehingga banya para pengemar kuliner martabak bangka menjadi pengunjung setia disana, jika sobat ingin mencicipi jajanan enak di Depok, Martabak ini sangat direkomendasikan untuk kalian coba

19. Zoe Cafe

Tempat berwisata kuliner selanjutnya yang cukup terkenal di bilangan Depok adalah Zoe Cafe, sebuah tempat makan, kedai kopi dan perpustakaan yang menjadi satu, ini lah yang menyebabkan tempat ini lebih special dibandingkan dengan yang lain, dengan keunikannya tersebut Zoe Cafe telah berhasil menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke sana.
zoe cafe depok
zoe cafe depok

Buat sobat kuliner harus mencoba tempat ini untuk merasakan keunikannya, bertempat di Jalan Margonda Raya No. 27, cukup strategis dan tentunya tidak susah untuk sobat temui, dan tentu saja selain menyediakan kopi dan dapat membaca buku, kita juga dapat memesan makanan yang enak ditempat ini, silahkan berkunjung jika sobat berminat.


20. Mang Kabayan

Salah satu yang mesti sobat kuliner kunjungi adalah Mang Kabayan, restoran yang cukup terkenal ini memiliki banyak masakan unggulan diantaranya ikan gurame, kita bisa memilih sendiri ikannya, karena ikan yang dipakai masih dalam keadaan hidup sehingga terjamin kesegaran ikan yang dipergunakan, dengan hidangan yang enak dan lezat Mang Kabayan menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi
Mang kabayan depok
Mang kabayan depok

Mang Kabayan menyediakan menu masakan khas sunda yang sangat enak, terletak di Jalan Margonda Raya No.488, Depok, Jawa Barat. Dengan pengalaman dalam bidang kuliner yang sudah teruji, berdasarkan lamanya resto ini berdiri, dan memiliki pengunjung setia, pastinya hidangan yang disediakan mudah cocok dengan lidah siapapun, jika sobat tertarik dapat berkunjung ke Mang Kabayan cabang Depok buka dari jam 10 siang hingga jam 9 malam.