10 Tempat Wisata Kuliner Khas di Labuan Bajo Flores

10 Tempat Wisata Kuliner Khas di Labuan Bajo Flores yang sobat harus kunjungi ketika sedang berkunjung di Labuan Bajo, pulau kecil nan cantik yang terletak di sebelah barat dari pulau flores ini cukup terkenal, menjadi pintu masuk jika sobat ingin masuk ke Taman Nasional Komodo (TNK), Labuan Bajo juga terkenal dengan keindahan melihat matahari terbenam.

Berwisata Kuliner Khas Labuan Bajo Flores yang Harus Dikunjungi

Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara ke Taman Nasional Komodo memberikan dampak positif pada Labuan Bajo, kini sudah banyak hotel berbintang yang didirikan dikawasan ini, disini sobat dapat dengan mudah menemukan agen perjalanan, sewa perahu motor, alat selam, liveaboards yang akan membawa sobat masuk ke Taman Nasional Komodo, atau hanya sekedar menyewa mobil untuk melakukan perjalanan kepedalaman Flores menyaksikan keindahan gunung Kelimutu dan Meumere.
10 Tempat Wisata Kuliner Khas di Labuan Bajo Flores
10 Tempat Wisata Kuliner Khas di Labuan Bajo Flores

Untuk masalah kuliner Labuan Bajo juga tidak kalah lengkapnya, terutama untuk hidangan jenis seafood, Kampung Ujung merupakan pusat kuliner seafood yang terletak di tepi pantai dermaga wisata Labuan Bajo, salah satu yang menjadi favorit ikan kakap merah, ikan kerapu macan, ikan gorapa merah dan yang lainnya, namun satu hal yang special jika sobat menikmati seafood di Labuan Bajo, ikan-ikan yang dihidangkan lebih fresh, karena tidak melewati pengawetan, dibekukan terlalu lama barang display.

Untuk mencapai Labuan Bajo biasanya wisatawan naik pesawat dari Denpasar Bali, dengan waktu tempuh selama 2 jam, dan penerbangannya dilakukan pada siang hari, jadi dapat sekalian melihat pemandangan alam flores yang masih alami.

Berikut ini 10 Kuliner yang selalu jadi favorite di Labuan Bajo

1. Seafood Wisata Kuliner Kampung Ujung

Seafood Kuliner Kampung Ujung buka dari jam 5 sore hingga jam 4 pagi. Terletak sepanjang Kampung Ujung mulai dari Area Pelelangan Ikan, Dermaga Wisata, sampai simpang tiga, wisatawan bisa menikmati aneka masakan seafood segar mulai dari beraneka tipe Kerapu, Cumi, Kakap Merah, Udang, Kepiting, & ada banyak lagi. Adapun pilihan masaknya bermacam macam mulai dari dibakar, digoreng, dikuah asam, saus tiram, & banyak lagi.

2. Ikan Kuah Asam Philemon

Philemon terletak disebelah pelabuhan PELNI Labuan Bajo. Tidak Hanya berfungsi sebagai dermaga khusus, Philemon pun menawari kuliner seafood khas Labuan Bajo. Ikan Kuah Asam khas Labuan Bajo berwarna kuning & segar. Ikan segar yg disajikan dalam kuah asam pedas, teramat menggugah selera. Kuliner ini bisa didapatkan juga di kuliner Kampung Ujung atau Restoran Budi Luhur.
Ikan Kuah Asam Philemon
Ikan Kuah Asam Philemon

3. Chicken Cordon Blue Pesona Bali

Sesuai namanya, Restoran Pesona Bali menawari beraneka ragam tipe kuliner olahan seafood & western. Salah satu menu yg menarik yakni Chicken Cordon Blue, di mana bagian dada ayam berisi keju dibalut tepung panir & disajikan bersama beragam sayuran.

4. Sunset dan Live Music Paradise Bar

Paradise Bar ialah salah satu spot menyaksikan sunset paling baik di Labuan Bajo. Terletak di tebing, wisatawan dapat menyaksikan terbenamnya matahari dengan view kapal-kapal wisata yg berlabuh sambil menikmati minuman dingin, jus, ataupun kopi hitam Flores. Setiap sabtu malam, disini pun menampilkan Live Music dengan penampil band-band lokal yg berbakat.

5. Coto Makassar Gorontalo

Sbg kota perantauan, tidak sedikit suku Bugis Makassar yg juga tinggal di Labuan Bajo. Coto Makassar Gorontalo menjawab kerinduan pada coto khas Makassar yg menyajikan coto daging & jeroan dimakan dengan buras (lontong khas Makassar).
Coto Makassar Gorontalo
Coto Makassar Gorontalo

6. Cafe in Hit & Artomoro

Yang Merupakan salah satu group perintis di Labuan Bajo, Artomoro adalah yg pertama mengenalkan menu ‘Nasi Lalapan’ ke Labuan Bajo. Menu nasi, ayam, & lalapan adalah favorit para wisatawan ataupun warga lokal, pastinya ditambah sambal pedas khas buatan mereka.

Café in Hit adalah ruang buat berkumpul sambil minum kopi olahan. Dgn barista lokal & biji kopi original Flores, Café In Hit menawari nuansa coffee-shop seperti daerah asal wisatawan mancanegara dengan gaya Labuan Bajo. Pilihannya mulai dari menu kopi olahan (frappe, latte, cappucino) & non kopi olahan seperti jus, smoothies, tea sampai cemilan homemade banana cake, brownies, dll.

7. Gorengan Simpang Pede

Utk anda yg kangen dengan gorengan, Simpang Pede adalah pusat jualan gorengan di Labuan Bajo. Mulai dari Bakwan Goreng, Tahu Isi, Pisang Goreng, Kacang Hijau & yang lain dapat kita temukan & nikmati sewaktu hangat. Gorengan ini buka mulai sore sampai habis di malam hri.

8. Seafood TreeTop

Restoran TreeTop populer dgn sajian seafood olahan ala chinese, mulai dari steam, asam manis, hotplate, & pot. Menu favorit yakni kerapu steam, ayam goreng bawang, seafood Tom Yam, & mie goreng seafood. Menu ikan goreng & ikan bakar disajikan bersama 3 tipe saus kecap & sambal. Terletak di jalan Soekarno Hatta, Treetop mempunyai pemandangan view langsung ke laut & jajaran kapal wisata. diluar itu wisatawan dapat juga main billiar dengan penduduk lokal di lantai dasar.

9. Sop Buntut Blue Corner

Apabila cari sop buntut, seluruh orang tentu sarankan ke Blue Corner. Tempatnya tak begitu besar, kios di seberang Kantor Pos Labuan Bajo. Sop Buntut dgn kuah yg sedap ini amat sangat digemari wisatawan ataupun warga lokal maka sering kehabisan apabila tak cukup cepat memesan. diluar itu, Blue Corner pun menawari masakan nasi goreng, mie goreng, lalapan, & banyak lagi.
Sop Buntut Blue Corner
Sop Buntut Blue Corner

10. Italian Food Mediteraneo

Utk fine dining, Mediteraneo juaranya. tidak cuma menu masakan Itali, Mediteraneo pun menawari beraneka ragam menu western & seafood olahan chef yg disusun mulai dari appetizer, main dish, & desert. Chef sangat mengerti bahwa tampilan pun berpengaruh terhadap selera makan tamu, bisa terlihat dari seriusnya mereka menata sajian diatas piring yg amat lebar. Sirloin Steak & Baracuda Loin nya amat lezat, coba juga aneka pasta & pizza homemade, serta ditutup dengan desert yg manis seperti creame Brule atau es krim.