🍰 Kue Bolu Pisang Panggang Banana Cake Sederhana Tanpa Mixer

Cara Buat Kue Bolu Pisang Panggang Banana Cake Sederhana Tanpa Mixer dengan tekstur yang lebut dan rasa yang enak sekali, kue bolu pisang hanya salah satu dari sekian banyak varian membuat kue bolu begitu juga cara buatnya ada yang dipanggang dan ada yang di kukus, semuanya memiliki rasa dan citarasa yang unik, pada resep banana chiffon cake kali ini saya memakai buah pisang ambon sebagai bahan utamanya dapat juga memanfaatkan jenis pisang sunpride, namun yang terpenting pisang yang dipergunakan dalam keadaan sudah matang banget agar lebih mudah tercampur dengan tepung.

🍰 Cara Membuat Banana Chiffon Cake, Kue Bolu Pisang Panggang Sederhana

Resep kue bolu merupakan resep yang cukup populer dikalangan ibu-ibu, resep ini banyak dicari karena cukup mudah dalam membuatnya dan rasanya juga cukup enak serta manfaat dari buah pisang itu sendiri yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu yang menjadi ciri khas dari kue bolu pisang yang memakai pengembang pada bagian tengah kue bolu sering kali terlihat pecah atau pada saat memakai loyang berukuran kecil.

Kue bolu pisang memiliki tekstur yang lembut, seakan lumer dan manis didalam mulut sangat nikmat sekali, bahan utama pembuatnya pun hanya terdiri dari 5 bahan yakni telur ayam, gula pasir, pisang, terigu dan margarin, karena tidak memakai pengembang kita harus sedikit keras mengocok bahan adonan dengan kocokan spiral.

Kue Bolu Pisang Panggang Banana Cake Sederhana Tanpa Mixer
Kue Bolu Pisang Panggang Banana Cake Sederhana Tanpa Mixer
Salah satu tips agar hasil kue bolu pisangnya dapat berkembang dengan baik atau maksimal disaat membuat kue bolu mengocok telur dan gula pasir harus sampai mengembang sedikit kental dan berwarna kepucatan, cara mengetahuinya dengan mengangkat kocokan dari adonan nah sisa kocokan telur dan gula harus meninggalkan jejak tidak langsung masuk keadonan atau istilahnya tertahan sejenak beberapa detik tidak langsung hilang, sebelum dipakai telurnya direndam terlebih dahulu diair hangat kuku agar putih telurnya lebih encer sehingga nantinya telur dapat lebih mudah mengembang.

Buat kalian yang masih pemula membuat kue bolu pisang merupakan pilihan yang tepat karena kemudahannya, berikut ini bahan utama dan cara membuat chiffon cake aka kue bolu pisang yang sangat mudah membuatnya ala saya tentunya :D

Bahan Utama Buat Kue Bolu Pisang Panggang Enak dan Lumer Di Mulut

  • 4 butir, Telur ayam
  • 100 gram, Gula pasir
  • 2-4 buah, Pisang Ambon atau Sunpride harus yang matang
  • 200 gram, Terigu
  • 120 gram, Margarin dicairkan

Langkah Membuat Kue Bolu Pisang Banana Cake

  • Telur dan gula dikocok sampai mengembang dan mengental.
  • Masukkan pisang matang yang sudah halus. Aduk sampai merata agar tercampur dengan baik bagian atas dan bawah adonan.
  • Baru kemudian tambahkan terigu, diaduk memakai spatula dengan cara aduk balik sampai merata.
  • Margarin dicairkan tambahkan 50gram terigu, aduk margarin dan terigu perlahan sampai merata. Lalu tambahkan kedalam adonan pisang yang sebelumnya. 
  • Aduk kudua bahan adonan tadi sampai tercampur merata dengan memakai spatula, diaduk dari bawah keatas sampai benar-benar rata.
  • Siapkan loyang yang sudah diolesi terlebih dahulu dan taburi terigu tipis saja, kemudian tuang adonan bolu pisang ke dalam loyang,
  • Panggang dengan menggunakan panas sedang 180°C selama 40 menit. Kemudian tes dengan menusukan garpu ke kue, jika adonan tidak ada yang menempel lagi berarti kue bolu pisangnya sudah matang sempurna siap diangkat. 
Resep Membuat Kue Bolu Pisang Panggang Banana Cake Sederhana Tanpa Mixer sudah selesai cukup mudah bukan, untuk variasi sobat bisa juga menaburkan atau menambahkan kismis, cokelat chip, oreo, kismis, atau manisan untuk kue, selamat mencoba!